Quick Count KPU, DAHWIN Ungguli SUKA 308 Suara

Quict Count KPU Madina

topmetro.news – Situs Resmi Rekapitulasi (SIREKAP) hitung cepat atau Quict Count (QC) KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk Pilkada Madina (Mandailing Natal) telah selesai 100 persen atau 1.008 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Madina, Selasa (15/12/2020) dini hari pukul 00.39 WIB.

Dari 1.008 TPS dan 23 kecamatan yang telah masuk ke sistem milik KPU tersebut menunjukkan bahwa Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 02 Drs H Dahlan Hasan Nasution-H Aswin Parinduri (DAHWIN) unggul. Sementara Pasangan Calon Nomor Urut 01 HM Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi (SUKA) urutan kedua. Ada pun selisih suara mereka hanya 308 suara.

Pantauan topmetro.news dari SIREKAP KPU, Paslon Nomor Urut 01 Sukhairi-Atika memperoleh 78.783 suara atau sekitar 38,8 persen. Pasangan Nomor Urut 02 Dahlan-Aswin memperoleh 79.091 suara atau sekitar 39,0 persen. Kemudian Pasangan Nomor Urut 03, Sofwat-Zubeir memperoleh 45.051 suara atau 22,2 persen.

Alat Bantu untuk KPU

Ketua KPU Kabupaten Madina Fadhillah Syarief menjawab konfirmasi topmetro.news menjelaskan, bahwa sistem informasi rekapitulasi (SIREKAP) tersebut merupakan alat bantu perhitungan suara yang tersedia oleh KPU. Sistem kerjanya dengan memasukkan hasil rekapitulasi suara dari KPPS.

“Aplikasi SIREKAP itu merupakan alat bantu hitung cepat dari KPU. Petugas KPPS yang bertugas memasukkan model C. Hasil-KWK. Hitung cepat pada sistem tersebut bukanlah hasil resmi. Karena hasil resmi akan diumumkan setelah rekapitulasi tingkat kabupaten selesai dilakukan pada tanggal 17 sampai dengan 23 Desember 2020 mendatang,” jelasnya.

“Saya mengimbau kepada semua pihak agar saling menjaga diri untuk menjaga kedamaian dan kondusifitas. Demi terciptanya Pemilukada Madina yang berintegritas dan bermartabat,” pintanya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment